Visi dan Misi Ekonomi Capres

Friday, May 22, 2009


SBY-Boediono 'Kanan', Megawati-Prabowo 'Kiri', JK-Wiranto 'Tengah-tengah'



Kebijakan ekonomi yang diusung para Capres peserta Pemilu 2009 ini berbeda satu sama lain. Namun jika digambarkan, kebijakan ekonomi SBY-Boediono lebih ke 'kanan', Megawati-Prabowo ke 'kiri', dan JK-Wiranto berada di tengah-tengah.

Hal ini dikatakan oleh Pengamat Ekonomi Avilliani ketika dihubungi detikFinance, Sabtu (23/5/2009).

Menurut Avilliani, dari tiga capres peserta Pemilu 2009 ini, dari sisi visi dan misi ekonominya, target-target pasangan Jusuf Kalla-Wiranto yang paling realistis. "JK selama dia menjadi Wakil Presiden berani menjamin proyek-proyek infrastruktur seperti listrik 10 ribu MW dan juga infrastruktur lain. Ini jelas akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi, dan dia menargetkan pertumbuhan ekonomi 8%," jelasnya.

Visi dan misi ekonomi JK-Wiranto mengusung ekonomi berkeadilan, investor asing boleh masuk tapi untuk kepentingan rakyat. "JK mengutamakan sektor riil," ujarnya.

Sementara itu untuk pasangan SBY-Boediono mengutamakan stabilitas makro ekonomi dengan target pertumbuhan ekonomi moderat 7%. "Tapi stabilitas makro ekonomi ini untuk investor-investor asing di pasar modal saja, ini bisa merugikan kita. Karena itu SBI (Sertifikat bank Indonesia) asing tinggi, jadi buat dunia usaha tidak menguntungkan," ujarnya.

Untuk pasangan Megawati-Prabowo, mereka mengusung ekonomi kerakyatan murni dengan target pertumbuhan ekonomi optimistis 10%. "Ini tidak bagus juga, nanti tidak ada investor yang mau masuk karena seperti sosialis," jelasnya.

"Jadi saya lihat dari visi dan misi ekonominya, SBY-Boediono 'kanan', Megawati-Prabowo 'kiri', dan JK-Wiranto berada di tengah-tengah," tandasnya.

Namun yang lebih penting dari itu adalah agar janji serta visi dan misi yang diusung oleh ketiga capres itu haruslah dilaksanakan setelah terpilihnya nanti, khususnya di bidang ekonomi, bagaimana menghadapi tekanan imbas krisis ekonomi global saat ini.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP