8 Pertimbangan Sebelum Blogging For Dollar

Wednesday, April 15, 2009

Berikut fakta yang sering terjadi:

Ketika kita mengatakan pada orang lain tentang blog kita, orang yang menerima informasi tersebut mungkin biasa-biasa saja. Tapi ketika kita inform, “Hey, aku make money from blogging nih!” - suddenly banyak Feedback - grab their attention.

Wajarkah? Yup, wajar banget! Setiap blogger pastilah mengidamkan bisa making money, at least buat menutup their hosting service. In case blogging for profit - living, anggaplah itu adalah level selanjutnya.

Jika aku melihat skema making money from blog, sebenarnya cukup simpel. Menulis topik yang disukai, orang lain membacanya, then membuat uang dari block periklanan. Tapi,…. simpan saja dulu hal ini ok! Kita straight forward aja dulu :)

So, if you are new to blogging dan tertarik untuk blogging for profit, berikut beberapa poin yang bisa kalian ketahui sebelumnya, sebelum commited melanjutkan langkah kalian:

1. Blogging itu mudah, Blogging for profit itu lebih susah

Apa yang coba aku sampaikan disini adalah tidak mencoba mengatakan bahwa hal itu adalah murni susah, akan tetapi lebih tepatnya, lebih susah dari apa yang kita pikirkan.

More over, aku rasa itu bukan hanya soal memproduksi dan kemudian menempatkan beberapa kode iklan, tapi lebih dari hal itu.

Let’s say, good writing, template yang bagus, penempatan iklan, developing audience… dan masih banyak lagi skill yang dibutuhkan untuk membuat blog lebih profitable, dimana mau tidak mau kita juga harus keep learning akan hal itu.

2. Nge-blog-lah untuk jangka panjang atau tidak sama sekali

Sudah merasa putus asa dengan apa yang dicapai so far?

Hmm… Sedikit cerita, blog-blog besar pun ketika memulai usahanya juga bisa dikatakan gagal dalam hal trafik, network, pun making money. Akan tetapi mereka keep going dan mau untuk belajar hingga saat ini bisa berkembang besar.

So, pikirkanlah jangka panjang, bukan here and now. 1 tahun atau bahkan lebih, dan barulah kita akan melihat hasil usaha selama ini.

3. Pilihlah topik yang kalian sukai dan tetaplah berada di dalamnya

Baik blog yang isinya bersifat general ataupun blog yang multi topik, sama-sama memiliki kesulitan untuk mengembangkan audience/pembaca. Ada baiknya, kita brainstorm topik2 yang mungkin bisa jadi pilihan bagi blog, then pilihlah mana yang paling cocok, dan tetaplah berada di dalamnya.

Aku yakin sudah banyak nasehat tentang hal ini karena multi topik-pun kadang-kadang juga membawa masalah tersendiri bagi adverstisement seperti Adsense. Gampangnya, kebingungan memilah iklan yang dinilai sesuai dengan topik blog.

4. Mulailah dengan 1 blog

Jika kita memiliki banyak item/topik yang bisa kita jadikan bahan untuk nge-blog, jangan kemudian menempatkan pada beberapa blog yang berbeda karena itu hanya akan memberikan chance untuk gagal.

Logis ajalah, 1 blog aja kita ngurusnya belum tentu bisa bagus dan teratur, apalagi jika beberapa blog sekaligus. So, 1 aja dulu boss…

Tidak recommended juga untuk menciptakan perangkap iklan dengan membuat banyak blog then mengisinya dengan iklan, dengan harapan orang datang ke salah satu blog dan mengklik iklan.

Hmmm… 1 yang aku pegang selama ini, orang datang dan loyal itu jika Content yang disampaikan di dalamnya memberi nilai tambah dan ada update secara reguler. Then bisakah jika memiliki banyak blog sekaligus melakukan hal ini…

Lemme hear your opinion about this point in the Comment Area!

5. Jika belum yakin, lakukan test

Fakta yang coba aku amati selama ini, banyak orang yang sepertinya belum memiliki cukup stamina untuk running blog secara konsisten. Itu bisa dipahami memang jika sifat blog tersebut murni sebagai Diary.

Akan tetapi bagaimana jika perlakuan yang kita tanamkan adalah bisnis, dimana kita mengharapkan some earning dari blog tersebut? Aku rasa butuh more effort pun tingkat kekonsistenan tentunya.

1 hal yang bisa kita lakukan terkait dengan fakta diatas, jika memang belum yakin, cobalah memakai blogging software yang bersifat gratis, blogger.com atau wordpress.com. Cobalah untuk running beberapa periode kedepan, juga trial topik2 yang dalam pandangan kita menarik untuk diangkat sebagai main topik blog kita nantinya.

6. Tempatkanlah iklan dengan bijak

Beberapa blogger merekomendasikan untuk tidak menempatkan iklan sampai blog tersebut bisa dikatakan cukup dewasa - aku termasuk dalam kategori blogger ini, dan beberapa yang lain mengatakan it’s ok2 aja menempatkan iklan sejak awal.

Poin yang aku covered, adalah agar di awal blogging fokus/orientasi tidak terpecah oleh iklan. So, blogger bisa tetap concern in developing high quality content tanpa harus terbebani bulan ini menghasilkan some bucks atau tidak. Ya… Advantages dan disadvantages ada, hanya saja apa yang ingin aku sampaikan dalam poin ini, cobalah menempatkan iklan dengan bijak boss…

Mungkin sudah aku sampaikan di artikel sebelumnya, beberapa waktu yang lalu aku berkunjung ke blog temanku, dan begitu kagetnya ketika aku mendapati banyak sekali iklan disana. Seakan iklannya adalah Content dan Contentnya adalah iklan, hehe…

Huff… Nice blog :D Tanpa harus menulispun, Content sudah tersedia, bisa berubah-ubah lagi, hehe…

7. Enjoy yourself

Ini adalah kunci dalam blogging. Jika kita memilih topik sesuai dengan minat (kita memang memiliki interset pada hal tersebut), maka dalam perjalanan kita blogging, akan selalu ada passion disana. Couple of months, aku yakin bahwa blog tersebut akan mampu generate readers pun income - sukses.

8. Tidak ada yang instan

Poin ini, lebih bersifat sebagai reminder - mungkin akan selalu aku sampaikan setiap menulis artikel tentang Monetization. More info, silakan bacaBikin Blog, Pasang Iklan, then Earn Money!

Last Point

Banyak sudah orang, yang ketika being informed bahwa blog bisa menghasilkan uang dan kemudian mendapati diri mereka gagal ketika erjun as a Blogger.

So, poin-poin yang aku sampaikan diatas, semoga bisa membantu - menjadi pertimbangan bagi semua untuk membuat ekspektasi yang tidak unrealistic, tapi sebaliknya, berusaha untuk mau tahu (belajar) dan melihat kenyataan yang ada ok!

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP